21 Cara Keren Atur Keuangan Mahasiswa Kos yang Hidup Pas-Pasan

Syaefi15 14 1 18 40 Hot Style
21 Cara Keren Atur Keuangan Mahasiswa Kos yang Hidup Pas-Pasan

IDRUS.CO - Ada yang tahu tidak? Berapa biaya sewa kamar atau kos-kosan yang paling murah di kota-kota pendidikan selama setahun? 1 juta, 2 juta, 3 juta, atau 4 juta, atau bahkan 10 juta rupiah pertahun? Mahal banget, pasti bikin pusing orang tua. Tunggu dulu, supaya kamu juga tidak menyusahkan orang tau kamu, ada baiknya simak tips berikut ini untuk mengatur keuangan pengeluaran selama tinggal di Kota Perantauan sebagai mahasiswa. Sssttt... penulis yang share ini juga dulunya adalah mahasiswa lho, jadi ini bukan tulisan mengada-ada tapi 100% dari pengalaman.

Berikut Ini 20 cara keren atur keuangan buat kamu mahasiswa kos yang hidupnya masih pas-pasan.

Selamat mencoba!

1. Kurangi Nongkrong di Warkop, Cafe, Mc D, Pizza Hut, Maupun Mall, Apalagi Hotel

Tempat mana yang tidak bisa digunakan untuk nongkrong di Kota Malang. Bahkan di pinggir jalan pun bisa jadi tempat nongkrong favorit mahasiswa di sana. Meski nongkrong dengan biaya yang sangat murah meriah, cukup kopi secangkir buat semalaman, tapi jika dilakukan terus-menerus kamu bisa bangkrut. Belum lagi soal traktirannya. Namanya nongkrong itu kadang saja ada yang minta gratisan alias nebeng bayar sama teman, kalau yang ditebengi duitnya banyak sih bukan masalah, lha kalau sama-sama duit nipis ya tekor juga yang nraktir.

2. Sisihkan Sedikit Uang Saku Buat Ditabung

Ini khusus mahasiswa yang uang jajannya masih minta orang tua. Hal ini wajib kamu lakukan, biar hidupmu di perantauan tidak susah dikemudian hari. Caranya bagaimana? Semisal uang jajan kamu dari orang tua 1 juta setiap bulan, ambil jatah makan perhari misal 20 ribu saja, dikali 30 hari kan ketemu 600 ribu, masih 400 ribu, ambil 200 untuk keperluan lain yang kadang mendesak, dan 200 ribu sisanya silahkan ditabung. Gitu.

3. Kamu Cowok? Tidak Ada Salahnya Jika Masak Sendiri

Meski kamu cowok, dan punya bakat atau keterampilan masak, manfaatkan saja saat jauh dari rumah. Selain mengasah keterampilan, hobi ini juga bisa dapat menghemat pengeluaran keuangan bulanan. Paling tidak ya bisa masak beras sendiri, tidak melulu beli di luar.

4. Hobi Online? Pasang wifi atau Cari Wifi Gratis

Jaman yang serba digital seperti saat ini setiap mahasiswa dituntut untuk mampu memanfaatkan media internet dengan baik, biasanya berupa diskusi kelas secara online. oleh karena itu internet menjadi kebutuhan utama dalam menunjang perkuliahan. Dari pada uang sakumu habis buat beli kuota yang masih mahal itu, mending cari wifi gratis atau iuran sama teman satu kos untuk pasang wifi. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk membayar tagihan bulanan internet lebih murah ketimbang harus beli paket data sendiri.

5. Kerjakan Tugas Secara Berkelompok, Kalau Perlu Nginep di Kosan Teman

Nah, ini yang biasanya sering begini ni adalah mahasiswa tanpa modal, alias nebeng sana nebeng sini. Sering-seringlah minta teman kamu untuk diajak ke tempat tinggalnya. Biasanya nih ya, jika kamu ikut pulang ke rumah teman yang ada di dekat kampus atau paling tidak kota tempat tinggalnya dekat, kamu pasti akan dibayarkan ongkos ke rumahnya, coba deh kalau tidak percaya. Orang Indonesia itu baik dan ramah guys. Lebih menyenangkan lagi pas sampai di daerahnya kamu bakal di ajak jalan-jalan tanpa keluar uang sedikitpun. Kalau yang ini sih pengalaman penulis sendiri.

6. Buat Daftar Skala Prioritas

Hal ini penting untuk menentukan kebutuhan mana yang harus sobat penuhi segera dan mana yang bisa ditunda. Sehingga kebutuhan dasar Kamu tidak terlewatkan, jangan sampai Kamu bisa membeli baju mahal, namun selanjutnya Sobat tidak makan selama seminggu.

7. Tahan Godaan Shoping dan Jalan-Jalan

Pas waktu baru dapat kiriman, pasti sobat seringkali pergi belanja maupun jeng-jeng, kadangkala pas liat barang bagus sobat ngebet beli padahal uangnya buat jatah sebulan. Biasanya sobat selalu berpikir "alah, sudahlah urusan ntar gampang."

Ujung-ujungnya sebelum jatuh tempo sobat bingung deh cari pinjaman sana-sini.

8. Mencuci pakaian sendiri 

Jika kos sobat memiliki tempat untuk menjemur dan menyuci, cucilah pakaian sendiri, lumayan sobat bisa irit Rp. 3500 per kilonya, Lumayan buat tambahan makan. Belum lagi laundry harus menunggu waktu hingga 3-4 hari baru jadi.

9. Pulang Kuliah Langsung Balik Kos

Nah, jika sobat uangnya menipis, selesai kuliah sobat langsung balik kos saja, langsung tidur aja, tolak ajakan teman-teman secara halus, kalau perlu jujur saja kalau kamu lagi KANKER, jika temanmu lagi ada siapa tahu dapat pinjeman, atau traktiran barangkali.

10. Selalu Nebeng Teman

Jika kemana-mana kita selalu harus pake motor sendiri pasti boros di bensin, nah jika ada teman yang kebetulan bareng bonceng saja.

Bagi yang biasa ngangkot atau jalan kaki, saatnya cari ojek gratis aja, lumayan kan bisa hemat Rp. 2000 untuk angkot atau beli es, malah seringkali bisa dapat tebengan makan gratis juga.

11. Bawa Bekal Sendiri

Bagi sobat cewek pasti udah biasa nih bawa ginian, dengan botol bermerk cupperware atau apalah. Namun sobat cowok pasti pada malu membawa bekal minuman atau makanan dari kos, nah caranya sobat cari botol Akua yang kosong diisi dengan air galon di kos. Nah lebih hemat kan.

12. Hunting Warung Murah

Jika sobat tidak memungkinkan untuk masak, coba cari warung-warung murah, tanya pada kakak-kakak kos yang uda lama disini.

13. Berhenti Merokok

Jika merokok untuk gaya-gayaan mending berhenti deh. Lumayan tuh jika perhari sebungkus, perbungkusnya Rp. 15.000 kalikan saja selama sebulan, kamu bisa menghemat Rp 450 ribu.

14. Biasakan Kalo Beli Makan Dibungkus

Bagi sebagian cowok pasti ada perasaan tidak enak jika makan dibungkus, entah itu malu atau apa. Namun kamu bisa cari warung yang isinya cuma cowok. Dengan dibungkus kamu bisa sedikit lebih hemat. Coba saja bungkus nasi rames atau nasi kucing dua saja, cuma habis Rp 4000 minumnya air putih dikos-an saja.

15. Bawa Uang Secukupnya

Jika di dompet masih banyak uang kuning atau biru, pasti godaan belanja atau beli sesuatu yang tidak perlu sebenarnya selalu muncul.

Selalu bawa uang seperlunya di dompet, simpan yang aman uang lebihannya, bisa juga dengan acara meminjamkan ke teman, lumayan bisa buat investasi.

16. Cari Traktiran

Hal ini mudah bagi sobat-sobat yang yang banyak digandrungi lawan jenis, cobalah mancing-mancing dengan pertanyaan menjurus agar dapat traktiran.

Agar sukses dapat traktiran, kenali dulu teman sobat, apakah dia benar-benar demen ma sobat, pasti tidak hanya nasi sepiring deh, gunungpun dia akan angkat untuk sobat.

17. Aktif Organisasi

Memang aktif organisasi mesti meluangkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran, namun itu setara dengan yang didapatkan sobat, apalagi pas rapat, buat acara, dll. Pasti seringan ada makan bareng pake uang organisasi alias gratis.

18. Ikut Seminar Gratis

Coba cari agenda apa dikampusmu yang tidak mengeluarkan uang alias gratis. Lumayan kan jika sobat dapat Snack atau bahkan makan gratis prasmanan untuk kelas seminar nasional. 

19. Sering-Seringlah Main Ke Rumah Teman

Jika sobat punya teman yang asli sini, yang pastinya tidak kos dan hidup bareng orang tuanya sering-seringlah main atau silaturrahmi ketempatnya.

List teman yang rumahnya dekat sobat buat jadwal mainnya. Wah bisa-bisa dalam waktu seminggu sobat bisa makan gratis terus.

20. Kerja Sampingan

Jika sobat memang merasa uang sakumu tidak cukup untuk kebutuhan hidup sehari-hari sobat perlu sedikit usaha cari kerja sampingan.

Sobat bisa jadi pelayan di warung kopi malam atau SPG Event yang waktunya tidak menumbuk kuliah.

21. Puasa Sunnah

Nah bagi kamu yang uda biasa puasa tak menjadi soal, kamu malah bisa mencoba puasa IRIT yakni Dawud sehari puasa sehari tidak, mintalah ijazah kyai atau ustad.

Untuk kamu yang belum biasa puasa cukup belajar puasa senin-kamis saja, banyak lho teman-teman yang melakukannya.

Beberapa tips di atas sedikit contoh yang bisa kamu lakukan. Jika tulisan ini dirasa bermanfaat, silahkan share pada teman-teman kamu ya.



Related Post

    Article not found!

Comment